Senin, 22 September 2008

Knowledge Management, apa tuch??

Knowledge Management (KM). Ada yang mendefinisikan seperti ini “the name of a concept in which an enterprise consciously and comprehensively gathers, organizes, shares, and analyzes its knowledge in terms of resources, documents, and people skills”. Dari definisi itu ada satu kata yang sangat mengganggu saya yaitu kata “its” sebelum kata knowledge. “its” menunjukan kepemilikan, knowledge yang dimaksud termasuk people skills, maka akan mengartikan bahwa skill dari pegawai pada perusahaan adalah milik perusahaan??!. Pertanyaan tersebut benar2 membuat saya bingung gak bisa tidur 3 hari 3 malam (majas hiperbola). Lalu ketika dosen MIS saya mendefinisikannya seperti ini “KM itu adalah gimana caranya ketika ada pegawai yang pergi maka perusahaan gak kehilangan segala skill dan kemampuan pegawai tsb, artinya ketika ada yang pergi harus ada suksesor nya”. (Oh gitu pak…), jadi menurut saya seharusnya bukan knowledge management namanya, tapi LEARNING MANAGEMENT kayaknya lebih tepat. Menurut anda?

3 komentar:

jamaluddin mengatakan...

Knowledge Management (KN)????
bukannya kalo disingkat jadinya KM.
eh learning management? mungkin faktor penemu hen, orang yang bikin konsepnya ngerasa lebih pas dengan istilah knowledge management. Tapi kalo kau masih kurang puas, kau bikinlah konsep yang baru hehe.

Md Santo mengatakan...

Dalam konteks KM, saya ajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk tahap awal dan sekaligus memahami "kebingungan" anda, mohon anda "copy-paste-click" discussion link
"Knowledge Management Controversy" :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A1862

Terima kasih

Md Santo

Amir lazuardi mengatakan...

tips untuk hendry
gak usah bingung kalau elo emang gak cocok di tempat kerja elo yah keluar aja..kalau bisa kunci kantor ama brankas elo bawa juga biar itu perusahaan merasa kehilangan elo dan mulai melaporkan akan kehilangan dan bersiaplah 24 jam kemudian elo dipanggil kembali untuk dimasukkan kedalam penjara...he..he..